PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN

TAG :

Drama
   7 PENGHARGAAN   
PEMENANG
Cinematography Terbaik
(Faozan Rizal)
FFB 2009
SINOPSIS

Kisah pengorbanan dan perjuangan Annisa (Revalina S Temat), sebagai anak sekaligus ibu dan isteri, dalam lingkungan keluarga kyai di pesantren. Sejak kecil Annisa mendapatkan perlakuan tidak adil, protesnya selalu dianggap rengekan anak kecil. Hanya Khudori (Oka Antara), pamannya, yang selalu menemani, menghibur sekaligus menyajikan ‘dunia’ yang lain bagi Annisa. Dunia yang mensetarakan perempuan, dan tidak hanya membela lelaki. Diam-diam Annisa menaruh hati kepada Khudori. Tapi cinta itu tidak terbalas karena Khudori menyadari dirinya masih ada hubungan dekat dengan ibu Annisa, Nyai Muthmainnah (Widyawati) isteri Kyai Hanan (Joshua Pandelaki), ayah Annisa pemilik pesantren Al Huda. Hal itu membuat Khudori membunuh cintanya, sampai akhirnya Khudori melanjutkan sekolah ke Kairo.

Khudori selalu menekankan ke Annisa untuk belajar, hingga secara diam-diam Annisa mendaftarkan kuliah ke Jogja, tapi kenyataan berkata lain. Kyai Hanan tidak mengijinkan Annisa melanjutkan kuliah, malah dinikahkan  dengan Samsudin (Reza Rahadian). 

Dalam mengarungi rumah tangga bersama Samsudin. Annisa selalu mendapatkan perlakuan kasar. Tapi ketika Annisa berniat meninggalkannya, Samsudin akan berubah menjadi lelaki rapuh yang merengek-rengek sambil bersujud meminta ampun. Biduk keluarga Annisa berlangsung bagai neraka. Samsudin menikah lagi dengan seorang janda bernama Kalsum (Francine Roosenda). Harapan untuk menjadi perempuan muslimah yang mandiri seketika runtuh. Dalam keputusasaan itu, Khudori pulang dari Kairo. Annisa seperti mendapatkan harapan, ia meminta Khudori membawanya pergi. Dalam kegusarannya, Khudori memeluk Annisa. Sebuah pelukan hangat seorang paman kepada keponakannya yang sedang resah. Tapi tiba-tiba, Samsudin datang dan memergoki keduanya. Samsudin berteriak ‘Zinah! Rajam! Rajam!’ yang kemudian membawa Annisa dan Khudori kedalam kemelut fitnah. Kejadian itu membuat Kyai Hanan meninggal. Khudori diusir, sementara Annisa pergi ke Jogja untuk sekolah. Pesantren Al Huda diserahkan kepada Reza (Eron Lebang), kakak Annisa. Annisa berkembang sebagai muslimah dengan wawasan dan pergaulan yang luas. Lewat studinya sebagai penulis, banyak buku yang memotret hal perempuan dalam Islam sudah dihasilkan. Hingga Annisa dipertemukan kembali dengan Khudori. Keduanya masih sama-sama mencintai, akhirnya mereka menikah meski pernikahan itu membuat hubungan Annisa dan keluarganya semakin jauh. Tapi Annisa sadar bahwa untuk menciptakan lingkungan nyaman, seseorang harus mengubah dirinya menjadi nyaman, dan itu yang dilakukan oleh Ibunya yang memilih jadi figur lemah dan tidak berdaya. Akhirnya, kata maaf bukan ditujukan untuk suatu kesalahan, tapi sebuah sujud rasa bakti kepada orang tua. Dalam kata maaf itu, Annisa berjanji untuk terus berjuang menjadi yang terbaik. Menjadi muslimah sebagaimana yang Ayah dan Ibunya inginkan….

DIRECTOR
Hanung Bramantyo

CINEMATOGRAPHY
Faozan Rizal

MUSIC
Tya Subiakto Satrio

CAST
Revalina S Temat, Oka Antara,
Widyawati, Reza Rahadian,
Francine Roosenda, Leroy Osmany

SCREENING FORMAT
Selulloid 35mm

RATIO
2,35:1

PRODUCTION YEAR
2009

DURATION
131 minutes

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.

FILM TERKAIT