SANG MARTIR

TAG :

drama
   5 PENGHARGAAN   
NOMINASI
Aktor Pembantu Terbaik
(Tio Pakusadewo)
Asian International Film Festival & Awards (AIFFA) 2013
SINOPSIS

Rangga (Adipati Dolken), mahasiswa usia 20 tahun tinggal sejak kecil di panti asuhan bersama adiknya Sarah (Ghina Salsabila). Panti asuhan yang Islami ini milik Haji Rachman (Jamal Mirdad) dan istrinya Hajjah Rosna (Henidar Amroe) yang tidak punya keturunan, dan menjadi orang tua bagi anak-anak Panti. 

Suatu hari terjadi peristiwa mengenaskan pada anak panti bernama Lili (Widy Vierra). Gadis usia 17 tahun itu diperkosa oleh Jerink (Edo Borne) seorang preman wilayah Panti yang dikuasai oleh Rambo (Tio Pakusadewo), kakak Jerink. Rangga yang sejak awal membenci premanisme meminta pertanggung jawaban Jerink. Rangga dan Jerink terlibat duel hingga Jerink mati terbunuh oleh pisaunya sendiri. Rangga dipenjara selama 3 tahun. Rambo mengirim orang untuk menghabisi Rangga di penjara, tapi tidak berhasil untuk membalaskan dendam atas kematian adiknya. Rangga satu sel dengan Pendeta Josep yang melindungi Rangga. Pendeta Josep dijebloskan ke penjara karena kasus Ambon, dan Pendeta yang bijak ini sangat sadar peristiwa Ambon adalah bagian dari konspirasi pengalihan isu. Walau berbeda keyakinan, Rangga dan Pendeta Josep saling menghargai, bahkan Rangga menganggap Pendeta Josep seperti ayahnya. 

Situasi panti setelah Rangga di penjara berubah tragis, Haji Rachman mati oleh Rambo untuk menguasai kepemilikan areal panti. Anak-anak panti diberhentikan sekolahnya, dan dijadikan pengemis jalanan. Sahabat Rangga di panti, Arman malah kakinya dipenggal Rambo, karena melawan setelah mengetahui Rambo merebut paksa tanah panti asuhan dari Haji Rachman dengan meracuninya.

Saat Rangga menghirup kebebasan, orang-orang suruhan Rambo siap menghabisinya. Kejar-kejaran antara mereka dengan Rangga menyudutkannya di gang buntu, tiba-tiba sebuah mobil ditumpangi Genk preman lain menyelamatkan Rangga, dan menghabisi orang-orangnya Rambo. Genk itu anak buahnya Jerry (Ray Sahetapy), kepala genk preman musuh bebuyutan Rambo. Bagi Jerry siapapun yang telah membunuh anak buah Rambo berarti saudaranya, sebagaimana ucapannya ke Rangga. Padahal Jerry punya kepentingan pada Rangga setelah membaca potensi keberanian Rangga, yang nantinya dipekerjakan sebagai kurir bisnis narkobanya. Jerry sangat kharismatik, penguasa wilayah mayoritas Kristen sekaligus donator terbesar gereja di wilayahnya. Rangga menempati rumah kontrakan milik Jerry berdekatan dengan gereja. Hampir setiap hari seorang gadis remaja, Cinta (Nadine Alexandra) berdiri di luar gereja. Rangga penasaran melihat gadis itu berdoa di luar. Cinta kecewa atas kondisi sosial tempatnya tinggal. Cinta protes untuk tidak masuk gereja hingga semua masyarakat di lingkungannya termasuk pastur gereja berani bicara kebenaran dan keadilan. Cinta adalah korban perkosaan Daniel (Ganindra Bimo), adiknya Jerry. Pastur Bono (Adi Kurdi) mengetahui kejadian itu, tapi Pastur tidak berani bicara jujur karena Daniel adiknya Jerry. Cinta tidak membenci agama maupun rumah ibadahnya. 

Rangga dan Cinta saling mengenal dan menjadi dekat, kedua remaja yang berbeda keyakinan ini saling mengagumi dan jatuh cinta. Perbedaan keyakinan bukan untuk saling menghukum, walau tidak berpendidikan tinggi, mereka mempunyai wawasan baik. Cinta bekerja di pabrik mainan yang dikelola Jerry, pabrik kamuflase bisnis Jerry. Rangga juga bekerja sebagai kurir mainan yang sebenarnya kemasan narkoba. 

Konflik genk  Rambo dan Jerry semakin memanas karena perebutan wilayah, bahkan situasi jadi lebih parah saat Rambo mendapatkan order seorang oknum untuk mengalihkan perhatian publik atas kasus korupsinya, dengan perang antar genk dan isu bom gereja. Rambo membidik gereja di wilayah Jerry. Sebagai penguasa wilayah panti, Rambo memaksa Rangga untuk jadi martir, sebagai ganti keselamatan semua anak-anak panti asuhan. 

Rangga dan Cinta, sepasang remaja jadi saksi yang mewakili kondisi karut marut sosial bangsa ini. Bagi mereka perbedaan adalah takdir yang harus saling dihargai. Dilematis yang menyakitkan bagi Rangga, antara menyelamatkan anak-anak panti asuhan atau mengikuti perintah Rambo untuk mem-bom gereja.

DIRECTOR
Helfi Kardit

CINEMATOGRAPHY
Enggar Budiono

MUSIC
Tya Subiakto Satrio

CAST
Adipati Dolken, Nadine Alexandra,
Widy Vierra, Henidar Amroe,
Tio Pakusadewo, Ray Sahetapy,
Jamal Mirdad, Adi Kurdi, Fauzan
Smith, Ghina Salsabila
SCREENING FORMAT
HD

RATIO
1:2.35
1:1.85

PRODUCTION YEAR
2012

DURATION
99 Minutes

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.

FILM TERKAIT