Archived

Cinta di Saku Celana

Synopsis

Mimpi AHMAD (Donny Alamsyah) sederhana. Dia ingin sekali punya cinta. Dan mimpi itu sebenarnya terasa sangat wajar, karena Ahmad yang memang yatim piatu, tidak pernah sekalipun merasakan cinta sejak ia kecil dan hidup di panti asuhan

Sampai akhirnya sekumpulan KARTU-KARTU POS misterius yang dikirimkan BAGAS (Lukman Sardi) dari berbagai penjuru dunia, mempertemukan Ahmad dengan BENING (Joanna Alexandra). Seorang mahasiswi cantik namun rapuh, yang kemudian jadi sering ia temui di gerbong KRL yang ditumpanginya. Ahmad pun jatuh cinta. Satu masalahnya. Ahmad bahkan tidak punya keberanian untuk mengajaknya berkenalan

Peperangan terjadi di hati Ahmad, haruskah ia meraih cintanya atau terus hidup seperti ini? Akhirnya atas saran ibu Panti Asuhan (Vita Ramona) dan dukungan sahabatnya GIFAR (Dion Wiyoko), Ahmad menulis surat cinta. Ia berencana memberikan surat itu kepada Bening dan mengajaknya berkenalan sebelum semuanya terlambat. Tapi karena sebuah insiden kecopetan yang tak terduga menyebabkan surat itu hilang, keberanian Ahmad yang memang sudah tanggung langsung hancur

Tak putus asa, insiden kecopetan itu memberi Ahmad ide. Ia meminta bantuan seorang copet bernama GUBENG (Ramon Y Tungka) untuk mencurikan cinta Bening. Tapi pada hari yang dijanjikan Gubeng, copet sewaan itu tak muncul, Ahmad pun geram. Dengan menggenggam palu stempel pos, Ahmad memburu Gubeng yang ternyata insaf, dan berada di sel penjara

Masalah ternyata tidak berhenti ketika Gubeng masuk penjara. Gubeng mengaku bahwa cinta itu sekarang tertinggal di saku celana jins yang sedang ia cuci di sebuah Laundry. Namun lagi-lagi, setelah Ahmad tiba di Laundry yang dimaksud, masalah baru kembali menghajar. Karena ternyata si pemilik Laundry itu, ROY (Gading Marten), juga menginginkan cinta dari seorang Bening

Perseteruan pun terjadi dengan si pemilik laundry, yang juga adalah bos narkoba yang terselubung. Masalah semakin runyam ketika Briptu NILA (Enditha) datang menggerebek tempat itu dan ikut menahan Ahmad. Mimpi Ahmad akan cinta pun terlihat semakin sulit untuk diraih

Apakah Ahmad akan bisa mendapatkan cinta di saku belakang celana atau kini ia malah harus kehilangan segalanya?

-----------------------

AHMAD has a simple wish in his life: he wants to experience love.  One day a set of mysterious POSTCARDS sent by a man from various places in the world, provide the opportunity for Ahmad to meet INDAH, but the problem is : Ahmad has no courage to introduce himself to Indah.

He writes her a letter, pouring his heart out to Indah. He plans to give the letter to her and introduce himself properly to Indah before everything is too late.  The problem doesn’t end here “the love” is now inside the back pocket of the jeans he has brought to the cleaners.  Once Ahmad gets to the dry cleaning store, he faces another obstacle: the store’s owner also wants Indah’s love.

Will Ahmad manage to get the “love in the pants back pocket” or will he instead lose everything?

Saksikan di bioskop mulai 28 Juni 2012


Press Release

Perburuan pahit getir untuk Cinta

Starvision menampilkan sebuah film yang sangat beda, bicara tentang cinta dalam gaya bertutur komedi romantik cerdas, yang menyelisik dan menertawakan kecanggungan ekspresi saat jatuh cinta. Bukankah kita selalu punya cinta pada pandangan pertama, walaupun banyak yang terkubur karena kita ‘hanya menunggu kesempatan’, bukan ‘mengejar kesempatan’ tersebut. CINTA DI SAKU CELANA mengajak siapa saja untuk interospeksi, belajar mengkomunikasikan rasa dan cinta, sebelum rasa dan cinta tersebut menenggelamkan semangat hidup kita. Tontonan ini menjadi wajib bagi orang yang masih butuh cinta.

CINTA DI SAKU CELANA adalah film tentang usaha seorang laki-laki mengejar impiannya. Ahmad (Donny Alamsyah), tumbuh besar menjadi anak pintar di Panti Asuhan, sejak kecil ia tak mengenal cinta. Film dimulai ketika Ahmad sudah bekerja sebagai pegawai pos, dalam setahun rutinitasnya berangkat - pulang dari tempat kos ke kantornya dengan menggunakan kereta api Commuter (KRL), Ahmad bertemu sosok yang menarik hatinya, Bening (Joanna Alexandra). Dengan kamera handycam tuanya, Ahmad selalu merekam Bening dari jauh. Ahmad menemukan perwujudan cinta dalam diri gadis yang dikenalnya melalui kiriman kartu pos dari tunangan gadis itu.

Ibu Panti Asuhan (Vita Ramona) mendengar kabar dari anaknya, Gifar (Dion Wiyoko) bahwa Ahmad tengah jatuh cinta. Bu Panti yang merasa Ahmad sudah membantu hidup anaknya yang bodoh tapi playboy, pun membantu Ahmad, memberinya advise agar Ahmad menulis surat dan menyatakan perasaannya pada Bening.

Antara segan dan menuruti saran Ibu Panti, Ahmad akhirnya menulis surat cinta yang akan ia berikan pada Bening di atas Commuter. Sayangnya, tepat ketika Ahmad hendak memberikan surat itu pada Bening, seorang copet berhasil mengambil dompet tempat di mana Ahmad menyelipkan surat cintanya.

Nasib kecopetan itu memberi ide pada Ahmad, bahwa dari pada bersusah payah mendekati Bening, Ahmad meminta bantuan copet dari Pasar Senen bernama Gubeng (Ramon Y Tungka), dengan iming-iming imbalan uang. Gubeng si pangeran copet bersedia mencopetkan cinta untuk Ahmad.

Tapi pada hari Gubeng menjanjikan datang membawa cinta hasil copetannya, Gubeng tak datang. Ahmad pun meradang. Cinta membawa Ahmad bertemu Roy (Gading Marten) seorang pengedar narkotik, juga Bagas (Lukman Sardi) tunangan Bening yang selama ini sibuk berpindah dari satu negara ke lain negara, membuat Bening menanggung rindu, sendiri.

Pada siapa lagi Ahmad harus meminta pertolongan untuk meraih cinta?

Siapakah yang mendapatkan Cinta?

Kisah perburuan cinta yang absurd ini, diadaptasi dari cerita pendek ‘Cinta Di Saku Belakang Celana’ yang dirilis pertamakali di note facebook, cerpen itu kemudian diterbitkan Gramedia dalam buku kumpulan cerpen I Didn't Lose My Heart, I Sole it On eBay karya Fajar Nugros. Starvision kemudian mengangkatkan ke layar lebar dengan skenario yang ditulis oleh Ben Sihombing. Penulis cerpennya, Fajar Nugros menyutradarainya sendiri, menjadikan CINTA DI SAKU CELANA sebagai film keduanya setelah ‘Queen Bee’ (2009), setelah tahun lalu menulis skenario Tendangan Dari Langit (2011).

"Ini film tentang usaha, film yang jujur dan sederhana," begitu kata Nugros tentang CINTA DI SAKU CELANA, semula Starvision akan merilis film ini di jaringan bioskop terbatas secara digital, namun perkembangan terkini dan melihat hasil akhir film ini, diputuskan untuk dirilis di jaringan yang lebih luas, meliputi Bioskop 21 dan jaringan Bioskop lainnya. “Optimis film ini disukai karena unik dan beda, bicara cinta dengan gaya bertutur black comedy”, Chand Parwez menegaskan. Cesa David Luckmansyah sebagai editor film ini melihat potensi besar dari karya Fajar Nugros ini untuk festival di luar negeri selain di pasar lokal, “Ahmad yang pintar, harus mengejar cintanya tapi ia tak sendiri, harus bersaing dengan laki-laki cerdas, laki-laki licik dan laki-laki beruntung yang juga menginginkan cinta yang sama”.

Didukung oleh pemain berkarakter Donny Alamsyah, Joanna Alexandra, Ramon Y Tungka, Gading Marten, Dion Wiyoko, dan turut diperkuat oleh Lukman Sardi, Enditha, Luna Maya, Masayu Anastasia, Lolita Putri, Imey Liem, Yati Surachman, Agus Kuncoro, Vita Ramona, Pricillia Tanamal, dan lain lain. CINTA DI SAKU CELANA jelas menjamin kepuasan bagi penontonnya.

SLANK mengalunkan single legendaris mereka ‘Foto Dalam Dompetmu’ untuk menghiasi film ini, plus single berjudul ‘Cinta Di Saku Celana’ dan ‘Hey Love’ yang ditulis oleh Ade Govinda dan dinyanyikan oleh Abbay Messi. Sementara musik dikerjakan oleh Tya Subiakto Satrio yang begitu bersemangat menggarap ilustrasi film ini sampai-sampai menciptakan sebuah lagu tambahan ‘Dia’ yang dinyanyikan oleh Pangky Perkasa. Penataan suara dikerjakan oleh Khikmawan Santosa, dilengkapi tata suara Dolby Digital.

Sinopsis

Sebenarnya di hidup ini, mimpi AHMAD (Donny Alamsyah) sederhana. Dia ingin sekali punya cinta. Dan mimpi itu sebenarnya terasa sangat wajar, karena Ahmad yang memang yatim piatu, tidak pernah sekalipun merasakan cinta sejak ia kecil dan hidup di panti asuhan.

Sampai akhirnya sekumpulan KARTU-KARTU POS misterius yang dikirimkan BAGAS (Lukman Sardi) dari berbagai penjuru dunia, mempertemukan Ahmad dengan BENING (Joanna Alexandra). Seorang mahasiswi cantik namun rapuh, yang kemudian jadi sering ia temui di gerbong KRL yang ditumpanginya. Ahmad pun jatuh cinta. Satu masalahnya. Ahmad bahkan tidak punya keberanian untuk mengajaknya berkenalan.

Peperangan terjadi di hati Ahmad, haruskah ia meraih cintanya atau terus hidup seperti ini? Akhirnya atas saran ibu Panti Asuhan (Vita Ramona) dan dukungan sahabatnya GIFAR (Dion Wiyoko), Ahmad menulis surat cinta. Ia berencana memberikan surat itu kepada Bening dan mengajaknya berkenalan sebelum semuanya terlambat. Tapi karena sebuah insiden kecopetan yang tak terduga menyebabkan surat itu hilang, keberanian Ahmad yang memang sudah tanggung langsung hancur.

Tak putus asa, insiden kecopetan itu memberi Ahmad ide. Ia meminta bantuan seorang copet bernama GUBENG (Ramon Y Tungka) untuk mencurikan “cinta” Bening. Tapi pada hari yang dijanjikan Gubeng, copet sewaan itu tak muncul, Ahmad pun geram. Dengan menggenggam palu stempel pos, Ahmad memburu Gubeng yang ternyata insaf, dan berada di sel penjara.

Masalah ternyata tidak berhenti ketika Gubeng masuk penjara. Gubeng mengaku bahwa “cinta” itu sekarang tertinggal di saku celana jins yang sedang ia cuci di sebuah Laundry. Namun lagi-lagi, setelah Ahmad tiba di Laundry yang dimaksud, masalah baru kembali menghajar. Karena ternyata si pemilik Laundry itu, ROY (Gading Marten), juga menginginkan cinta dari seorang Bening.

Perseteruan pun terjadi dengan si pemilik laundry, yang juga adalah bos narkoba yang terselubung. Masalah semakin runyam ketika Briptu NILA (Enditha) datang menggerebek tempat itu dan ikut menahan Ahmad. Mimpi Ahmad akan cinta pun terlihat semakin sulit untuk diraih.

Apakah Ahmad akan bisa mendapatkan “cinta di saku belakang celana” atau kini ia malah harus kehilangan segalanya?

CINTA DI SAKU CELANA, adalah cerita tentang seorang lelaki yang mengejar cinta. Kisah tentang perburuan cinta oleh orang bodoh yang kalah dengan orang pintar, orang pintar kalah dengan orang cerdas, orang cerdas kalah dengan orang licik, dan tersisa orang beruntung. Siapakah yang akan mendapatkan cinta dan menjadi orang yang beruntung itu?

Saksikan di bioskop mulai 28 Juni 2012.

Pemain

Ahmad Donny Alamsyah

Bening Joanna Alexandra

Gifar Dion Wiyoko

Gubeng Ramon Y Tungka

Roy Gading Marten

Briptu Rahmat Eko Kristianto

Ibu Kos Pricillia Tanamal

Ibu Panti Asuhan Vita Ramona

Ahmad Kecil Baim

Anak Panti Kayla Kristianto

Sutradara Sinetron Yanti Kristianto

Penampilan Khusus

Bagas Lukman Sardi

Artis Film Luna Maya

Pacar Gifar #1 Masayu Anastasia

Briptu Nila Endhita

Letnan Polisi Agus Kuncoro

Mbok Bening Yati Surachman

Pacar Gifar #2 Lolita Putri

Gadis Laundry Imey Liem

Lagu Thema
Foto Dalam Dompetmu– SLANK
Cinta Di Saku Celana – Abbay Messi
Hey Love – Abbay Messi
Dia – Pangky Perkasa

Kru

Produser Chand Parwez Servia

Produser Eksekutif Fiaz Servia

Reza Servia

Mithu Nisar

Sutradara Fajar Nugros

Produser Lini Yanti Kristianto

Penulis Skenario Ben Sihombing

Penata Kamera Padri Nadeak

Penata Artistik Dini

Penata Suara Khikmawan Santosa

Perekam Suara Dirno

Penyunting Gambar Cesa David Luckmansyah

Penata Musik Tya Subiakto Satrio

Videografis Capluk

Penata Rias Yulis

Penata Busana Budi
Foto Poster Rezha PN
Desain Poster Michael Alfian
Diang MS

Other Movies